banner

Tips Berkendara di Medan Tertentu

  • BERKENDARAAN MELALUI BANJIR

Bila anda terjebak pada jalan tergenang air yang cukup tinggi, sebaiknya tunggu dahulu sampai air surut kembali. Terlebih lagi apabila mobil anda mempunyai corong saluran penghisap udara (moncong saringan anda) yang letaknya agak rendah kebawah dibelakang lampu besar.

Hindarkan mengendarai melalaui genangan air yang tingginya sampai batas bumper. Hal ini dapat menyebabkan air terhisap (pada waktu air berombak) dan masuk kedalam mesin. Bila ini terjadi kemungkinan besar mesin mobil anda akan mati. Apabila Tidak bisa dihindari dan terpaksa harus jalan juga perhatikan hal-hal berikut ini: Pertahankanlah putaran mesin mobil anda jangan terlalu tinggi (antara 1500-2000 rpm).

Bila putaran mesin terlalu rendah, mesin akan mati, sebaliknya bila putaran mesin terlalu tinggi kipas yang terbuat dari plastik akan terkena air dan cenderung bengkok atau patah. Kipas yang berubah bentuk akan dapat menyentuh radiator dan mengakibatkan sirip-sirip radiator rusah (terutama untuk kipas yang bukan model kopling).

Apabila telah melewati banjir, rem mobil cenderung tidak bekerja dengan baik. Hal ini disebabkan sepatu rem dalam keadaannya basah. Sepatu rem harus dikeringkan agar fungsinya dapat normal kembal. Cara mengeringkan dengan menekan dengan lembut pedal rem beberapa kali saat kendaraan jalan.

  • BERKENDARAAN DIJALAN YANG BASAH DAN KOTOR

Permukaan jalan yang basah dan kotor akan menyebabkan jalan menjadi licin dan kemungkinan slip akan lebih besar, lebih lagi apabil ban-bannya gundul. Genangan dan kotoran menyebabkan ban sukar berpegang pada permukaan jalan, dan ini sangat berbahaya bagi mobil yang berkecepatan tinggi. Oleh karena itu saran kami kurangilah laju (kecepatan) mobil anda bila berkendaraan dimusim hujan atau pada jalan yang permukaannya basah dan kotor yang memungkinkan kendaraan akan mudah tergelincir/slip.

  • BERKENDARAAN PADA JALAN YANG MENDAKI

Menghentikan kendaraan dijalan yang mendaki untuk waktu yang tidak terlalu lama dapat dilakukan dengan memasang rem tangan. Jangan menahan kendaraan dengan mempercepat putaran mesin dan persneling terpasang sambil memainkan kopling. Perilaku tersebut akan mengakibatkan kopling cepat aus dan situasi seperti ini dapat merusak ring piston.

  • HAL –HAL YANG PERLU DIHINDARI

Bila anda merasa badan kurang sehat, atau kurang tidur sebaiknya ditunda perjalanan anda hingga anda benar-benar keadaan sehat dan siap. Dalam perjalanan jangan cepat emosi yang mungkin disebabkan keadaan jalan yang macet dan sebagainya. Sebagai pemakai jalan dan sebagai pengemudi yang profesional harus dapat menahan diri dan memiliki kepedulian terhadap disiplin berlalu-lintas yang perlu ditingkatkan karena ini ada hubungannya dengan kelancaran dan keselamatan bagi anda dan pengemudi lainnya.