banner

TIPS PERSIAPAN BERKENDARAAN

Ada kalanya kita lalai melakukan perawatan mobil yang kita kendarai setiap harinya. Kelengahan memperhatikan perawatan sering berakibat menyusahkan kita terutama dalam perjalanan. Ada beberapa hal yang kiranya bermanfaat agar tidak menghambat perjalanan anda keluar kota selama liburan ini.

  1. MESIN
    Periksa oli mesin mobil anda, apakah jumlahnya cukup dan kualitasnya baik? Pastikan pemasangan oil stick telah duduk dengan rapat. Keadaan mesin sebaiknya diperiksa. Kemungkinan memerlukan pemeriksaan dan penyetelan atau mungkin juga ada bagian (Parts) yang sudah perlu diganti.
  2. RADIATOR
    Periksalah air pendingin pada radiator dan juga pada tangki cadangannya (reservior). Bila kurang tambahlah secukupnya (untuk tangki reservior perhatikan batas “FULL” dan “LOW”), jika kotor gantilah air pendingin. Periksa juga kebocoran air pendingin dari radiator, slang-slangnya atau dari krannya. Sirip-sirip radiator harus bersih, agar radiator dapat meradiasikan panas air dingin dengan baik, sehingga radiator juga perlu diperiksa keadaannya, bila perlu diganti baru. Sistem pendingin yang kurang baik akan mengurangi kemampuan kerja mesin.
  3. BATERAI
    Periksalah keadaan cairan baterai (air aki), tinggi permukaan cairan harus berada diantara garis batas “LOWER” dan “UPER” yang ada pada kotak baterai. Kabel baterai juga perlu dibersihkan. Pemasangan kabel baterai yang kendor dan kebersihannya yang kurang akan menurunkan kemampuan baterai. Baterai harus terpasang dengan baik pada dudukkannya diruang mesin.
  4. V BELT (TALI KIPAS)
    Periksa keadaan tali kipas mungkin ada bagian yang rusak, bila perlu diganti baru.Periksalah ketegangan pemasangan tali kipas, dengan cara menekan tali kipas antara alternator dengan pompa air. Pemasangan tali kipas yang kendor akan mempengaruhi sistem pendingin dan sistem pengisian arus baterai. Ketegangan yang cukup adalah apabila kita menekan tali kipas (pada daerah seperti keterangan diatas dengan tenaga kira-kira 10 Kg dan mengakibatkan kelenturan pada tali kipas sebesar 10 mm (di ukur dari posisi tali kipas sebelum ditekan).
  5. EXHAUST PIPE DAN KNALPOT
    Bila terdapat kebocoran pada pipa buang (exhaust pipe) atau pada knalpotnya, perbaikilah atau ganti baru. Knalpot yang bocor akan mempengaruhi kerja mesin, dan juga menimbulkan suara-suara kasar, yang mempengaruhi kenyamanan anda dalam mengendarai mobil anda. Gas yang keluar dari exhaust pipe atau knalpot mengandung racun yang amat berbahaya dan mencemarkan lingkungan (polusi). Bila gas dari knalpot ini memsuki ruangan penumpang akan merasa pusing-pusing.
  6. MINYAK REM
    Periksalah minyak rem, bila keadaannya kotor diganti, dan bila kurang tambahkan secukupnya sesuai dengan batas, dan juga gunakan minyak rem sejenis lainnya.
  7. MINYAK POWER STERING & AUTOMATIC TRANSMITION
    Periksalah Minyak Power Steering & Automatic transmition bila keadaannya kurang tambahkan secukupnya sesuai dengan batas, dan juga gunakan minyak Power Steering/Automatic transmition yang sama merknya.
  8. WIPER MOTOR, WIPER BLADE DAN WHASER
    Periksa banyaknya air pembersih kaca yang terdapat dalam tangki, bila keadaannya kotor dibersihkan dan bila kurang ditambah secukupnya.Periksa arah semprotan air yang permukaan kaca. Nozel air penyemprot ini dapat distel arahnya.

    Periksa kelenturan karet penghapus kaca (wiper blade).

    Wiper blade yang tidak lentur akan membuat goresan-goresan pada permukaan kaca mobil anda.

    Terakhir periksalah kerjanya wiper motor, bila kerjanya kurang baik termasuk link nya. Perlu diperhatikan, terutama dihari hujan bila kerjanya wiper motor kurang baik akan mengganggu pandangan pengemudi.

  9. KACA DEPAN DAN KACA JENDELA
    Kaca depan yang kotor akan mengganggu pandangan, oleh sebab itu perlu dibersihkakan. Cucilah dengan air bersih, dan gunakanlah larutan pembersih kaca (Glaze Car Cleaner sambil digosok-gosokan permukaan kaca dengan tangan sehingga kotorannya (dakinya) terkikis.
    Larutan pembersih kaca ini banyak dijual di toko-toko asesoris. Basahilah beberapa kali dengan air bersih dan keringkan dengan lap bersih. Jangan lupa untuk membersihkan dan memeriksa turun-naiknya kaca-kaca jendela.
  10. KACA PINTU DAN PINTU
    Pastikan bahwa kaca-kaca pintu dapat menutup dengan rapat. Demikian juga dengan pintu-pintu dapat menutup dengan rapat dan kuncinya berfungsi dengan baik.
  11. LAMPU-LAMPU
    Periksalah lampu-lampu, dimulai dari lampu besar, lampu kecil, lampu sen (lampu untuk belok), lampu hazard, lampu mundur, lampu plat nomor, lampu kombinasi meter dan lampu ruang penumpang, apakah semuanya berfungsi dengan baik?Lampu-lampu besar perlu diperiksa tinggi rendahnyaarah sorotan sinarnya. Arah sorotan yang terlalau tinggi akan mengganggu pengendara mobil lain yang datang dari arah yang berlawanan. Sebaliknya arah sorotan yang terlalu rendah akan menyulitkan melihat kedepan pada waktu malam hari. Arah dan tinggi sorotan sinar lampu dapat diste, bila perlu bawalah kendaraan ke bengkel langganan anda.
  12. KLAKSON
    Dalam perjalanan anda, klakson merupakan bagian yang penting, oleh sebab itu, periksa bunyi klakson mobil anda. Klakson yang kotor atau berkarat cenderung bunyinya tidak sempurna.
  13. KOPLING
    Karena dalam perjalanan liburan, kerja kopling mobil anda mungkin akan lebih berat dari pada yang biasa. Periksalah posisi pedal kopling, bila kurang baik dapat disetel. Pedal kopling yang tidak mempunyai celah bebas (free play) akan memperplendek usia pemakaian pelat kopling. Pedal kopling yang terlalu banyak gerak bebasnya akan menyulitkan dalam pemindahan gigi kecepatan (versnelling). Untuk memeriksa kondisi pelat kopling secara sederhana dapat kita lakukan sebagai berikut:Pertama hidupkan mesin, kemudian tariklah rem tangan. Kedua injak kopling sampai habis dan posisikan tuas transmisi pada posisi gigi satu (gigi percepatan kesatu). Ketiga lepaskanlah injakan pedal kopling secara perlahan-lahan.
    Bila pada saat melepaskan injakan pedal kopling mesin mobil anda mati, maka keadaaan pelat kopling mobil anda masih baik. Namun bila pada saat tersebut diatas mesin mobil anda masih terus hidup, itu berarti kondisi pelat koplingnya sudah tipis dan perlu diganti baru. Apabila anda ragu sebaiknya periksalah kopling mobil anda ke bengkel langganan anda.
  14. REM
    Rem mobil harus dapat bekerja dengan baik, karena ini menyangkut masalah keselamatan dalam berkendaraan. Periksalah rem mobil anda ke bengkel langganan anda. Jangan lupa untuk memeriksakan rem parkir.
  15. BAN
    Periksalah ban mobil anda (termasuk ban serepnya) apakah masih layak untuk menempuh perjalanan liburan. Bila ban-ban mobil anda keadaannya sudah aus sebaiknya diganti baru. Periksa tekanan udara pada ban sesuai dengan petunjuk pada atau tabel. Tekanan ban yang kurang menyebabkan kemudi menjadi berat, dan akan terjadi keausan yang tidak rata dan ban menjadi terlalu panas. Sebaliknya tekanan ban yang berlebihan, kendaraan akan melayan, keausan ban akan terjadi dibagian tengah saja, mudah slip dan ini amat berbahaya.
  16. SAFETY BELT (SABUK KESELAMATAN)
    Pastikan bahwa safety belt mobil anda dapat berfungsi dengan baik. Gunakan sabuk pengaman (Safety belt) yang ada terpasang pada mobil anda.